Panduan Lengkap Japan Rail Pass

Diposting: 1/9/23 | 9 Januari 2023

Jepang adalah salah satu negara favorit saya di dunia. Keindahan pegunungan dan kuil yang tenang, keramaian dan hiruk pikuk kota-kota yang luas, makanan yang lezat, dan sejarahnya yang panjang menjadikannya tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Namun, Jepang memiliki reputasi, terutama di kalangan wisatawan dengan anggaran terbatas, karena terlalu mahal. “Lebih baik lewati Jepang dan pergi ke Asia Tenggara, di mana uang Anda lebih banyak,” kata mereka.

Namun Anda dapat bepergian ke Jepang dengan anggaran terbatas. Makanan, atraksi, dan bahkan akomodasi (ini adalah negeri hotel kapsul!) dapat ditemukan dengan biaya yang relatif rendah jika Anda tahu di mana Anda mencari.

Namun salah satu aspek perjalanan di Jepang yang sesuai dengan reputasinya yang mahal adalah transportasi — khususnya perjalanan kereta api.

Kereta peluru ikonik Jepang (disebut shinkansen) indah, nyaman, praktis, dan cepat. Mereka adalah keajaiban transportasi kelas dunia, berpacu dengan kecepatan hingga 320 kilometer (200 mil) per jam. Mereka berjalan di jalur khusus yang terpisah dari kereta lain dan merupakan prestasi teknik yang mengesankan.

Harganya sangat mahal. Tidak ada jalan keluar dari fakta itu.

Untungnya, ada satu hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk memotong setengah harga tiket kereta Anda (atau lebih): beli Japan Rail Pass. Anda benar-benar tidak boleh bepergian keliling negara tanpa satu (dan saya cukup yakin mereka memberi harga tiket masuk dan tiket reguler dengan cara yang benar-benar memaksa Anda untuk membelinya).

Dalam postingan ini, saya akan memperkenalkan JR Pass dan menjelaskan cara kerjanya, berapa harganya, dan menjawab pertanyaan umum yang saya dapatkan tentang pass tersebut.

Apa itu Japan Rail (JR) Pass?

Japan Rail Pass (juga dikenal sebagai JR Pass) dibuat untuk membantu wisatawan berkeliling negara (mirip dengan Eurail pass di Eropa). JR adalah operator kereta api terbesar di Jepang, dan tiket ini memberikan akses tak terbatas ke semua keretanya dengan harga tertentu.

Tiket masuk tersedia dalam opsi 7-, 14-, dan 21 hari. Perhatikan bahwa ini adalah hari berturut-turut, bukan hari perjalanan. Jadi, jika Anda ingin berkeliling Jepang selama dua minggu, Anda harus membeli opsi 14 hari, meskipun Anda tidak akan naik kereta setiap hari.

Beberapa kereta JR termasuk dalam pass. Yang paling populer adalah kereta shinkansen (peluru), yang merupakan kereta tercepat dan pergi ke hampir setiap tujuan dan wilayah. Yang tercepat berikutnya adalah tokkyu (kereta ekspres terbatas). Kereta kyuko (ekspres) datang berikutnya, diikuti oleh kaisoku (cepat) dan kakueki-teisha atau futsu-densha (kereta lokal yang selalu berhenti).

Singkatnya, ini berarti bahwa ada kereta JR yang melakukan perjalanan cepat antar daerah, beberapa yang pergi antar kota dengan banyak perhentian, dan kereta lokal bergaya komuter yang lambat (tapi murah).

Selain itu, kereta JR juga melayani beberapa wilayah metropolitan, sehingga bisa digunakan di dalam kota. Misalnya, pada kunjungan terakhir saya, saya menggunakan JR Pass untuk berkeliling Kyoto dan Tokyo daripada membeli tiket metro lokal.

JR Pass harus dibeli sebelum Anda tiba di Jepang dan harus dikirimkan kepada Anda sehingga Anda ingin memesannya jauh-jauh hari (selengkapnya di bawah).

Cara kerja JR Pass

JR Pass sangat mudah digunakan — Anda hanya perlu mengingat untuk membelinya terlebih dahulu, saat berada di negara asal Anda, karena pass ini hanya tersedia untuk pengunjung. (Meskipun Anda dapat membelinya di kantor tiket tertentu di Jepang hingga Maret 2023, harga tiket masuk langsung jauh lebih mahal, jadi lebih baik memesannya terlebih dahulu).

Pass ini memiliki beberapa pilihan (masing-masing berlaku untuk hari berturut-turut, bukan hanya hari perjalanan):

7 hari: 29.650 JPY (39.600 JPY untuk Green Pass) 14 hari: 47.250 JPY (64.120 JPY untuk Green Pass) 21 hari: 60.450 JPY (83.390 JPY untuk Green Pass)

Green Pass adalah opsi kelas satu. Karena kereta di Jepang sudah luar biasa, Anda mungkin tidak perlu membeli Green Pass kecuali Anda benar-benar menginginkan kemewahan. Selain itu, bepergian dengan mobil hijau bisa lebih merepotkan jika Anda suka spontan, karena Anda harus selalu memesan tempat duduk terlebih dahulu di mobil hijau, mengharuskan Anda untuk mengunjungi kantor tiket atau mesin reservasi otomatis sebelumnya untuk melakukannya. Di mobil biasa, Anda bisa langsung naik dan mengambil tempat duduk yang tersedia.

Selain JR pass standar dan hijau, ada juga tiket regional jika Anda tidak bepergian ke seluruh negeri. Opsi ini dapat menghemat lebih banyak uang karena harganya lebih murah daripada tiket JR biasa. Setiap wilayah memiliki beberapa opsi pass, biasanya berkisar antara satu hingga tujuh hari.

Anda dapat membeli tiket JR untuk enam wilayah:

JR East (untuk pulau utama) JR West (untuk pulau utama) JR Central (untuk pulau utama) JR Hokkaido (untuk pulau utara) JR Kyushu (untuk pulau barat daya) JR Shikoku (untuk pulau tenggara)

Jika Anda hanya akan berfokus pada satu wilayah negara, pertimbangkan untuk membeli tiket regional JR. Jika Anda ingin akses ke seluruh negara, dapatkan JR Pass biasa.

Jika Anda adalah pengunjung pertama kali ke Jepang, Anda mungkin menginginkan JR Pass reguler, karena mencakup semua tujuan utama.

Singkatnya, untuk mendapatkan izin, Anda perlu:

Pilih durasi waktu untuk pass Anda (7, 14, atau 21 hari) Pilih kelas Anda (Hijau atau standar — sekali lagi, standar lebih dari cukup untuk sebagian besar wisatawan) Tentukan wilayah geografis mana yang ingin Anda kunjungi (semua negara atau satu wilayah) Bayar biaya dan pesan pass sebelum Anda meninggalkan rumah

Mendapatkan dan menggunakan JR Pass Anda

Cara termudah untuk mendapatkan Japan Pass adalah dengan memesannya secara online (ada banyak penyedia online resmi tetapi saya merekomendasikan yang ini karena sudah lama menjual pass).

Setelah Anda membeli pass, Anda akan menerima “exchange order” melalui pos, dicap dengan tanggal, yang akan Anda serahkan untuk mengambil pass Anda yang sebenarnya di Jepang. Jangan lupa exchange order Anda di rumah, karena Anda harus membawa dokumen ini untuk mengambil pass Anda di Jepang!

Setelah Anda tiba di Jepang, Anda akan menukar pesanan penukaran Anda (sesuai namanya) dengan JR Pass di kantor JR. Pastikan Anda memiliki paspor Anda (bukan fotokopi) ketika Anda akan mengambilnya, karena mereka akan memeriksa untuk memastikan bahwa Anda memiliki stempel pengunjung sementara di paspor Anda. JR Pass hanya tersedia untuk pengunjung dan mereka sangat ketat dalam memverifikasi bahwa Anda seorang turis.

Anda memiliki waktu tiga bulan sejak tanggal yang dicetak pada pesanan penukaran untuk mengambil JR Pass Anda, tetapi Anda tidak perlu mulai menggunakan pass tersebut pada hari yang sama saat Anda mengambilnya.

Misalnya, Anda ingin mengambil kartu pas begitu Anda tiba tetapi Anda ingin menghabiskan waktu di Tokyo sebelum melanjutkan untuk melihat seluruh negara. Anda dapat memilih tanggal apa pun dalam satu bulan setelah penukaran pesanan sebagai tanggal mulai Anda. (Tetapi begitu tiket dikeluarkan, Anda tidak dapat mengubah tanggal mulainya.)

Setelah mendapatkan pass di tangan, Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan tiket, karena Anda cukup menggunakan pass untuk melewati pintu putar otomatis.

Selain menggunakan shinkansen dan kereta lainnya, JR Pass memberikan akses ke:

Bus lokal yang dioperasikan oleh JR (seperti bus wisata di Hiroshima atau bus JR di sekitar Sapporo) Feri yang dioperasikan oleh JR (seperti yang dari Hiroshima ke pulau Miyajima) Jalur JR yang melewati area metropolitan (seperti Tokyo dan Osaka) Reservasi kursi gratis (jika tidak, biaya reservasi kursi sekitar 330-930 JPY)

JR Pass tidak berlaku untuk:

Jalur shinkansen Nozomi dan Mizuho warga negara atau penduduk Jepang, seperti orang asing yang bekerja di Jepang (hanya mereka yang memiliki visa turis yang dapat menggunakan pass)

Apakah Japan Rail Pass sepadan?

Sangat! Meskipun Anda mungkin mendapatkan kejutan stiker pada awalnya saat membeli tiket masuk, Anda akan menghemat ratusan dolar selama perjalanan dengan satu tiket — bahkan jika Anda hanya mengunjungi 2-3 kota. Misalnya, tanpa tiket kereta api, tiket dari Tokyo ke Osaka berharga sekitar 27.000 JPY (pulang-pergi), namun Anda bisa mendapatkan tiket kereta tujuh hari yang mencakup perjalanan tak terbatas dengan kereta JR hanya dengan 29.650 JPY. Jadi untuk harga satu tiket pulang pergi, Anda mendapatkan perjalanan tanpa batas. Itu tidak perlu dipikirkan lagi!

Berikut adalah beberapa contoh tiket kereta satu arah di kereta shinkansen dengan kursi non-reserved di kelas “biasa” (mobil non-hijau):

Tokyo-Hiroshima: 18.380 JPY Tokyo-Kyoto: 13.320 JPY Tokyo Fukuoka: 23.390 JPY Kyoto-Hiroshima: 10.570 JPY Kyoto-Osaka: 4.230 JPY Hiroshima-Fukuoka: 9.000 JPY Nagano-Kanazawa: 8.440 JPY Tokyo-Yokohama: 3.210 JPY Hakodate-Tokyo : 23.500 JPY

Seperti yang Anda lihat, hanya dibutuhkan satu perjalanan jarak jauh dari Tokyo (seperti ke Hiroshima atau Fukuoka) untuk membenarkan biaya tiket tersebut. Dan Anda mungkin akan menggunakannya lebih dari itu!

Dan bahkan jika Anda tidak menggunakan kereta peluru, izin tersebut tetap masuk akal. Misalnya, perjalanan dengan kereta api lokal dari Kyoto ke Tokyo menghabiskan biaya sekitar 8.360 JPY — bukannya 13.320 JPY untuk kereta peluru. Namun, perjalanan kereta api lokal memakan waktu sembilan jam dan memerlukan beberapa kali transfer, bukan langsung tiga jam, menjadikannya pilihan yang kurang ideal bagi sebagian besar pelancong (terutama jika waktu Anda terbatas). Ini seringkali tidak sebanding dengan penghematan biaya.

Anda lebih baik menggunakan kereta peluru dan menikmati pengalaman berkecepatan tinggi saat membawa Anda dari satu tujuan luar biasa ke tujuan lainnya!

Japan Rail Pass Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah JR Pass hanya untuk turis?
Ya. Hanya orang yang berkunjung dengan visa turis yang dapat menggunakan JR Pass.

Apakah Japan Rail Pass dapat digunakan di kereta bawah tanah Tokyo?
Ya, beberapa jalur kereta bawah tanah (meski tidak semua) di Tokyo dijalankan oleh JR, yang berarti Anda bisa mengaksesnya secara gratis dengan JR Pass Anda. Ini berlaku untuk seluruh negara. Jalur metro dan jalur kereta bawah tanah lokal tidak termasuk dalam tiket ini.

Dapatkah saya mengubah hari di mana saya ingin menggunakan Japan Rail Pass?
Tidak. Setelah tiket diaktifkan, tanggal ditetapkan di atas batu.

Bagaimana cara mengaktifkan Japan Rail Pass?
Untuk mengaktifkan JR Pass, bawalah exchange order dan paspor Anda ke kantor JR di Jepang. Setelah mereka memverifikasi identitas dan status visa Anda, mereka akan mengaktifkan pass Anda.

Bisakah saya menggunakan JR Pass dari Tokyo ke Kyoto?
Ya! Jaraknya 445 kilometer (283 mil), dan perjalanan memakan waktu kurang dari tiga jam dengan kereta peluru.

Apakah bus termasuk dalam JR Pass?
Ya, JR menjalankan beberapa jalur bus, yang termasuk dalam JR Pass. Beberapa tujuan di mana JR memiliki bus termasuk Hokkaido, Shikoku, dan Kyushu.

Bisakah saya membatalkan Japan Rail Pass saya?
Anda dapat membatalkan pass selama belum diaktifkan, tetapi setelah diaktifkan, Anda tidak dapat melakukannya.

***

Perjalanan kereta api adalah cara terbaik untuk melihat Jepang. Keretanya bersih, cepat, dan pemandangannya indah. Saya suka berkeliling negara dengan kereta api. Meskipun membeli tiket kereta mungkin tampak seperti pilihan yang mahal, ini akan menghemat banyak uang — dan ini merupakan pengalaman khas Jepang yang tidak akan Anda lupakan!

Klik di sini untuk mendapatkan Japan Rail pass Anda hari ini!

Pesan Perjalanan Anda ke Jepang: Tip dan Trik Logistik

Pesan Penerbangan Anda
Gunakan Skyscanner untuk menemukan penerbangan murah. Mereka adalah mesin pencari favorit saya karena mereka mencari situs web dan maskapai penerbangan di seluruh dunia sehingga Anda selalu tahu tidak ada batu yang terlewat!

Pesan Akomodasi Anda
Anda dapat memesan hostel Anda dengan Hostelworld karena mereka memiliki inventaris terbesar dan penawaran terbaik. Jika Anda ingin tinggal di tempat lain selain hostel, gunakan Booking.com karena mereka secara konsisten mengembalikan tarif termurah untuk wisma dan hotel murah. Tempat favorit saya untuk tinggal di Jepang adalah:

Jangan Lupakan Asuransi Perjalanan
Asuransi perjalanan akan melindungi Anda dari penyakit, cedera, pencurian, dan pembatalan. Ini perlindungan komprehensif jika terjadi kesalahan. Saya tidak pernah melakukan perjalanan tanpa itu karena saya harus menggunakannya berkali-kali di masa lalu. Perusahaan favorit saya yang menawarkan layanan dan nilai terbaik adalah:

Mencari Perusahaan Terbaik untuk Menghemat Uang?
Lihat halaman sumber daya saya untuk mengetahui perusahaan terbaik yang dapat digunakan saat Anda bepergian. Saya daftar semua yang saya gunakan untuk menghemat uang saat saya di jalan. Mereka akan menghemat uang Anda saat bepergian juga.

Pastikan untuk memeriksa Japan Rail Pass jika Anda akan bepergian keliling negara. Muncul dalam 7-, 14-, dan 21 hari berlalu dan dapat menghemat banyak uang!

Ingin Informasi Lebih Lanjut tentang Jepang
Pastikan untuk mengunjungi panduan tujuan kami yang kuat di Jepang untuk tips perencanaan yang lebih banyak lagi!